Monday, October 29, 2018

Inovasi Untuk Cianjur Smart City


inovasi untuk cianjur smart city


Inovasi Untuk Cianjur Smart City

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
  Inovasi Untuk Cianjur Smart City - Selamat datang kembali di blog saya kali ini saya akan sedikit memberikan ide saya dalam Inovasi Untuk Cianjur Smart City sebelumnya apa sih Smart City itu?
Smart city merupakan wilayah kota yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari, dengan tujuan untuk mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, dan meningkatkan kesejahteraan warga.




Integrasi teknologi dalam tata kelola kota dimungkinkan berkat keberadaan intenet if things, yaitu haringan perangkat elektronik yang saling terhubung dan mampu mengirim data ataupun melakukan tindak lanjut dengan campur tangan manusia yang minimal.

Implementasi Smart City di Indonesia sendiri mengalami berbagai kendala, mulai dari infrastruktur penunjang yang belum memadai, kesiapan pemerintah setempat, hingga masyarakat sendiri yang belum mampu memanfaatkan teknologi digital secara maksimal.

Adapun tujuan utama dari diadakannya smart city antara lain untuk membentuk suatu kota yang aman dan nyaman bagi warga serta untuk memperkuat daya saing kota dalam hal perekonomian. Sehingga dapat di jelaskan bahwa tujuan pelaksanaan smart city dapat dibagi menjadi 3 agenda utama, yaitu untuk menunjang kota di dalam dimensi sosial (keamanan), ekonomi (daya saing) dan lingkungan (kenyamanan).

Ada beberapa aspek yang telah di tetapkan untuk wilayah yang di kategorikan menjadi smart city yaitu telah di kemukakan oleh Frost dan Sullivan pada tahun 2014 mengindentifikasi 8 aspek utama dari penerapan smart city, yaitu smart governance, smart in frastructure, smart technology, smart mobility, smart healthcare, smart energy, smart building, dan smart citizen.

dan untuk pengimplementasian di kota Cianjur sendiri yaitu dimana Cianjur itu sebagian besar wilayahnya adalah pegunungan, kecuali di sebagian pantai selatan berupa dataran rendah yang sempit. Lahan-lahan pertanian tanaman pangan dan hortikultura, peternakan, perikanan, perkebunan dan kehutanan merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat. Keadaan itu ditunjang dengan banyaknya sungai besar dan kecil yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber daya pengairan tanaman pertanian, itu sedikit Topografi dari kota Cianjur.

inovasi untuk Cianjur Smart City

  Di kota cianjur ini sebenarnya sudah mulai membenahi segala fasilitas umum yang berada di pusat kota namun tetap saja akan ada yang terlewatkan oleh pemerintah Cianjur dan yang merasakan dan yang paling tahu akan kenyamanan dari suatu fasilitas umum, maka dari itu Inovasi -  inovasi terbaru dari masyarakat Cianjur untuk kota cianjur dalam ruang lingkup fasilitas umum di kota Cianjur

   Kita sebagai warga cianjur jangan terlalu mengadalkan pemerintah dalam pembangunan kota yang lebih baik kita harus ikut serta dalam membangunnya dengan memeberi inovasi pada pemerintah karena kota ini kota kita maka dari itu kita harus dibangun dengan gotong royong karena sebagaimanapun pemerintah pasti memiliki kekurangan dalam menjangkau daerah - daerah yang sedikit terpencil maka dari itu kita bangun kota tercinta Cianjur ini bersama-sama

Inovasi Untuk Cianjur Smart City


    Dan dari survei yang saya dapati di kota Cianjur ini masih banyak kurangnya perawatan pada fasilitas umum untuk warga Cianjur sendiri seperti jalanan rusak ataupun ada jembatan yang rusak dan mungkin pemerintah cianjur tidak dapat menjangkau karena ketidak tahuan dari kondisi fasilitisas umum tersebut.

Dari 8 aspek yang telah di jelaskan tadi saya ingin mengembangkan kota Cianjur ini yaitu dalam aspek smart building, dan smart citizen, maka dari itu saya memiliki inovasi untuk Cianjur smart city yaitu menciptakan suatu aplikasi berbasis android untuk warga cianjur agar dapat melaporkan segala kerusakan atau perlu perawatan dari suatu fasilitas umum yang ada di kota Cianjur agar pemerintah langsung dan dapat tahu kondisi dari fasilitas yang rusak itu maka dari aplikasi tersebut saya ingin memberikan fitur Take Picture agar segala pelaporan dapat disertai bukti dengan gambar dan tanggal pelaporan pada pemerintah daerah kota Cianjur.

   Dan gambaran tampilan dari aplikasi yang akan saya buat adalah sebagai berikut:

inovasi untuk cianjur smart city
Pertama ini tampilan login untuk user baru dan disini disediakan bagi user untuk melakukan login dengan menggunakan akun Facebook dan Google.

inovasi untuk cianjur smart city

dan setelah masuk login maka akan muncul ke tampilan Beranda dimana disini kita bisa melihat hasil postingan orang lain yang sudah di publish dan jika kita ingin membantu menambahkan postingan kita klik gambar + untuk menambahkan postingan.

inovasi untuk cianjur smart city

maka disana akan muncul tampilan seperti gambar di atas maka kita tinggal memfoto fasilitas umum yang perlu perbaikan dan di laporkan pada pemerintah daerah dan kita tambahkan deskripsi dari poto yang kita ambil dan juga menambahkan alamat lokasi dari poto tersebut jika sudah kita tinggal publish.

Yang saya harapkan dari inovasi yang saya miliki dapat membantu cianjur menjadi lebih baik dan rapih dan di mulai dari perhatian warga cianjur sendiri dan mendapat perhatian dari pemerintah karena semua fasilitas umum ini dari warga dan untuk warga, dan semoga inovasi ini dapat aya realisasikan seiring berjalannya waktu dan pelajaran ilmu yang saya kembangkan.
dan cukup sekian sedikit inovasi saya untuk cianjur smart city sebagai warga cianjur sendiri saya ingin memajukan dan mengngembangkan daerah-daerah cianjur yang terpencil menjadi lebih baik lagi,
Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.


 

 

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write comments